RSS

Manfaat Gerakan Sholat bagi Kesehatan

Sujud Bikin Cerdas
Shalat adalah amalan ibadah yang paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Gerakan-gerakannya sudah sangat melekat dengan gestur (gerakan khas tubuh) seorang muslim. Namun, pernahkah terpikirkan manfaat masing-masing gerakan? Sudut pandang ilmiah menjadikan shalat gudang obat bagi berbagai jenis penyakit!

Saat seorang hamba telah cukup syarat untuk mendirikan salat, sejak itulah ia mulai menelisik makna dan manfaatnya. Sebab salat diturunkan untuk menyempurnakan fasilitasNya bagi kehidupan manusia. Setelah sekian tahun menjalankan salat, sampai di mana pemahaman kita mengenainya?

TAKBIRATUL IHRAM
Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.
Manfaat: Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

RUKUK
Postur: Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.
Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

I’TIDAL
Postur: Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.
Manfaat: Ftidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

SUJUD
Postur: Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.
Manfaat: Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir.
Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

DUDUK
Postur: Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.
Manfaat: Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iffirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga. kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

SALAM
Gerakan: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.
Manfaat: Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

BERIBADAH secara, kontinyu bukan saja menyuburkan iman, tetapi mempercantik diri wanita luar-dalam.

PACU KECERDASAN
Gerakan sujud dalam salat tergolong unik. Falsafahnya adalah manusia menundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang didalami Prof Sholeh, gerakan ini mengantar manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa? Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan darah. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yamg memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak.
Itu artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan.

Risetnya telah mendapat pengakuan dari Harvard Universitry, AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

PERINDAH POSTUR
Gerakan-gerakan dalam salat mirip yoga atau peregangan (stretching). Intinya untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan salat dibandingkan gerakan lainnya adalah salat menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan.
Sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan.
Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggaan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

MUDAHKAN PERSALINAN
Masih dalam pose sujud, manfaat lain bisa dinikmati kaum hawa. Saat pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama. Ini menguntungkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila, otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami ia justru lebih elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

PERBAIKI KESUBURAN
Setelah sujud adalah gerakan duduk. Dalam salat ada dua macam sikap duduk, yaitu duduk iftirosy (tahiyyat awal) dan duduk tawarruk (tahiyyat akhir). Yang terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita, inilah daerah paling terlindung karena terdapat tiga lubang, yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih.

Saat duduk tawarruk, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

AWET MUDA
Pada dasarnya, seluruh gerakan salat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.

Gerakan terakhir, yaitu salam dan menengok ke kiri dan kanan punya pengaruh besar pada keÃ,kencangan. kulit wajah. Gerakan ini tak ubahnya relaksasi wajah dan leher. Yang tak kalah pentingnya, gerakan ini menghindarkan wanita dari serangan migrain dan sakit kepala lainnya.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam
NB: Agar shalat kita berfungsi seperti di atas tentunya terlebih dahulu kita harus memahami ilmu shalat dari mulai tatacara shalat, syarat, rukun, sunat, makruh,batal dan fadhilah shalat. Sungguh suatu hal yang mustahil sesuatu dapat kita raih bila dalam pelaksanaannya saja kita masih belum sesuai dengan apa yang seharusnya.
Seyogyanya kita belajar shalat secara sistematis

 

44 responses to “Manfaat Gerakan Sholat bagi Kesehatan

  1. GPH

    Maret 29, 2012 at 2:39 am

    Matur nuwun
    Hatur nuhun
    Terimakasih

    GPH, 29 Maret 2012

     
    • kevin

      November 25, 2013 at 9:19 am

      bagus bagus bagus……

       
  2. Devi Nila Kasumadiningrat

    April 8, 2012 at 2:40 pm

    subhanallah

     
  3. Musthofa Syamsuri

    Juli 6, 2012 at 8:00 am

    Subhanallah betapa hebat dansempurnanya agama islam

     
  4. edo

    Agustus 1, 2012 at 5:08 am

    Ini bagus nih buat dishare di blog mesjid di daerah saya. Bolehkah dishare?

     
  5. Tito Sahabatmu

    September 9, 2012 at 11:51 am

    agama islam memang sempurna

     
  6. nayla

    Oktober 11, 2012 at 12:52 pm

    I like it

     
  7. nung

    Oktober 17, 2012 at 7:05 am

    Subhanallah Maha suci Allah,menciptakan sesuatu tidak ada yang sia-sia,pasti ada manfaatnya.

     
  8. nung

    Oktober 17, 2012 at 7:08 am

    Salawat dan salam kepada Nabi Besar S.A.W yang telah mengantarkan kita/mengajarkan kita Sholat.

     
  9. sugeng-rahadi

    November 6, 2012 at 3:26 am

    bagus sekali

     
  10. anisah-septiana

    November 6, 2012 at 3:27 am

    alhamdullillah makin banyak sholat nih….

     
  11. Sasmahera Alnur

    November 21, 2012 at 3:00 pm

    Indahnya Islam….semua penuh makna…

     
  12. yudha

    Desember 4, 2012 at 11:41 am

    allahhu akbar…

     
  13. luluk zahroh

    Desember 29, 2012 at 12:40 pm

    subhanallah islam memang indah…..

     
  14. LaLa

    Desember 31, 2012 at 4:24 am

    makasih bgt bwt info nya,
    ISLAM is the best

     
  15. azra hinata ino

    Januari 15, 2013 at 6:45 am

    alhamdilillahirobbil’alamin teryata aq tdak sia-sia mengerjakan sholat oleh karena itukah aq jarang sakit???

     
  16. adiens wasil

    Januari 15, 2013 at 8:20 am

    mkasih buat infonya….
    smoga info iini bisa membuat semua orang islam bisa tau, btapa indahnya islam,n bisa membuat nya rajin mndirikn shlat….

     
  17. mastuti

    Januari 18, 2013 at 2:01 am

    terima kasih ya blog ni mmbntu kmi buat makalah

     
  18. MI Tanjung Tarbiyatussibyan

    Januari 21, 2013 at 2:16 am

    matur nuwun…
    terimakasih…
    mohon ijin untuk dibagi….

     
    • wika prima

      Januari 25, 2013 at 6:19 am

      silakan…dipublish adalah utk disebarluaskan

       
  19. oky naxz spenza

    Januari 30, 2013 at 9:51 pm

    makasih.,
    itulah islam…

     
  20. anoniary

    Februari 10, 2013 at 6:18 am

    nice info mas..
    itulah islam… luar biasa..
    ilmu kita ini sangat terbatas.. yakinilah ada hikmah di balik setiap perintah agama islam

    ditunggu komentar baliknya di blog saya : kesehatan rambut. Karena blogger yang baik selalu melakukan kunjungan+komentar balik. :-)

     
  21. cholid

    Februari 12, 2013 at 1:03 pm

    allahu akbar

     
  22. Agus 'nouval' Triyono

    Maret 2, 2013 at 4:20 pm

    biar bisa langsung di share di FB gimana ya?

     
  23. Jihan Hafiz Bagaskara

    Maret 3, 2013 at 2:03 pm

    infonya bagus mas,
    boleh aku share nggak?

     
  24. Jihan Hafiz Bagaskara

    Maret 3, 2013 at 2:06 pm

    Infonya bagus mas,
    boleh aku share nggak?
    Memang Islam…. benar- benar menyehatkan

     
  25. Fahmi_ALawy

    Maret 4, 2013 at 11:55 am

    matur nuwun informasinya ..
    sangat berharga bagiku ..
    izin ngopy yaa ..

     
  26. Jefri

    November 17, 2013 at 1:07 pm

    Makasi Banyak Atas Informasi Nya

     
  27. makinul el qomar

    November 17, 2013 at 3:10 pm

    alhamdulillah
    luar biasa manfaat solat
    allah hu akbar
    maha besar allah atas segala perintahnya

     
  28. Ping balik: - Sehat itu penting
  29. irwan

    Desember 1, 2013 at 10:50 am

    sungguh ilmu yg brmanfaat trimaksih
    atas infox ijin copy bangg

     
  30. eniyuniasih

    Desember 5, 2013 at 10:10 am

     
  31. wiwinharatai

    Januari 4, 2014 at 6:11 pm

    الذين يصلون ماامرالله ويغشون ربهم wallahu a’lam bisowab,itulah manfa’at buat lahir dan buat batin:dengan keikhlasan melaksanakan perintah allah swt ada rahasiah yg hanya allah yang tau buat kemanfa’atan hambanya.

     
  32. krypteria

    Januari 6, 2014 at 3:34 am

    kalau gw blm merasakan manfaat shalat. gw tiap hari capek shalat tapi gw cuma pngn krja dan nikah susah bngt. shalat gk mampu mempermudah hdup.

     
  33. joe

    Januari 6, 2014 at 2:46 pm

    Subhanallah.. Sesungguhnya setiap yang diperintahkan-Nya tidak pernah sia-sia..

    اَلْحَمْدُلِلّهِ..

     
  34. santi hardyan

    Januari 13, 2014 at 2:39 am

    shalat itu memang memberi ketenangan jasmani dan rohani ^.^b

     
  35. Syafii

    Januari 29, 2014 at 2:24 pm

    Pak minta tolng d kirimkan artikel ini k email sy ..trima kasi seblumnya

     
  36. Nur Wahidiyah

    Februari 18, 2014 at 6:37 am

    subhanallah…sungguh islam itu indah
    thankz min inf0nya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: